100 SOAL (TRY
OUT) PERSIAPAN UJIAN PENGETAHUAN PPG 2019 KOMPETENSI PEDAGOGIK
1.
Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu
masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan
dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B.
kemampuan interaksional
C.
kemampuan integrasi diri
D.
kemampuan komunikatif
2.
Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A.
kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk
memecahkan masalah
C.
kemampuan berinteraksi
D.
kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3.
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait
dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A.
0 - 2 tahun
B.
2 -- 7 tahun
C.
7 -- 11/12 tahun
D.
11/12/ -- 14/15 tahun
4.
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut
pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan
perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami
bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif
terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang
tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5.
Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri
termasuk kecerdasan….
A.
Kognitif
B.
Sosial
C. Emosional
D.
moral
6.
Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar.
Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika
teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri
dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik
tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B.
kognitif
C.
moral
D.
spiritual
7.
Peserta didik telah memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak
didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan
contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran
pascakonvensional
B.
penalaran konvensional
C.
penalaran prakonvensional
D.
penalaran interkonvensional
8.
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan
bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan
tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A.
Prakonvensional
B.
Konvensional
C. Pascakonvensional
D.
Interkonvensional
9.
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan
melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan
belajar dalam hal ….
A.
mengemukakan gagasan
B.
mengaktualisasikan diri
C.
penciptaan hubungan yang baik
D.
menformulasikan tindakan
10.
Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia
bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah
sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik
tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan
kognitif
B. budaya dan
pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan
kepribadian
11.
Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru
tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik
tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A.
kesulitan akademis
B. gangguan
simbolik
C.
gangguan nonsimbolik
D.
gangguan sosial
12.
Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya.
Tujuan konseling adalah....
A.
Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B.
Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar
dapat mengatasi kesulitan belajar
D.
Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
13.
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara
rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat
diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi,
maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar
yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B.
Humanistik
C.
Sibernetik
D.
Kontruktivisme
14.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A.
Sibernetik
B.
Humannistik
C.
Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15.
Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator,
motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya
bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B.
Konstruktivisme
C.
kognitivisme
D.
Nativisme
16.
Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi
di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A. Sibernetik
B.
Konstruktivisme
C.
Behaviorisme
D.
Kognitivisme
17.
Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat
terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif
seseorang adalah teori belajar…
A.
Behaviorisme
B.
Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D.
Sibernatik
18.
Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A.
Silabus
B.
RPP
C.
Silabus dan RPP
D.
SKL
19.
Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan
pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
B.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran,
indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
C.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran,
materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
D.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran,
materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah
pembelajaran
20.
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya
adalah sebagai berikut:
A.
Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar
untuk mencapai kompetensi dasar
B.
Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber
dari standar kompetensi lulusan
C.
RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D.
RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21.
Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
adalah
A.
Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B.
Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C.
RPP bersumber dari silabus
D.
Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22.
Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia
adalah sebagai berikut ......
1)
Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2)
Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3)
Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan
komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A.
Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut
B.
Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C.
Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D.
Keterkaitan
dan keterpaduan
23.
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C.
ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.
ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
24.
Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C.
ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.
ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25.
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan
bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis,
merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah
yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A.
Role Playing
B.
Inquiry
C.
Problem Solving
D.
Picture and Picture
26.
Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan
masalah proses pembelajaran adalah:
A.
Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.
Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C.
Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
27.
Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.
Pencapaian standar kompetensi
B.
Pencapaian kompetensi dasar.
C.
Pencapaian tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
28.
Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak
memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A.
Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B.
Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C.
Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D.
Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29.
Prinsip
sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A.
Cakupan,
kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai
dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B.
Adanya
hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator,
materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem
penilaian.
C.
Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D.
Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30.
Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut,
kecuali....
A.
Sharing dengan teman
B.
Guru kreatif
C.
Pengalaman nyata
D.
Menggunakan satu sumber
31.
Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32.
Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi
yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam.
Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33.
Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus
didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual,
kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan
tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam
kriteria...
A.
tujuan
B.
sasaran didik
C.
ketersediaan
D.
konteks penggunaan
34.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A.
Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B.
Pendidik harus memahami karakteristik
dari media pembelajaran tersebut.
C.
Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D.
Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus
dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari
kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A.
media yang memiliki daya liput yang luas
dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B.
media yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C.
media tradisional dan media berbasis TIK
D.
media dua dimensi dan media tiga dimensi
36.
Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan
memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan
dalam hal ini.
Pertimbangan dalam
memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A.
Tujuan, sasaran didik, karakteristik
media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu
teknis.
B.
Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi
sekolah dan konteks penggunaan.
C.
Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D.
Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37.
Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar
untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran
adalah:
A.
media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis
TIK
B.
sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C.
media dapat digunakan sebagai pembawa
pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D.
memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38.
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada
pernyataan tersebut adalah:
A.
Menampilkan objek yang terlalu
besar
B.
Membuat konkrit konsep yang
abstrak
C.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39.
Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga
oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif.
Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar,
dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah
salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A.
Menampilkan objek yang terlalu besar,
misalnya pasar, candi.
B.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C.
Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran
darah.
D.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40.
Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau
refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang
dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A.
book
B.
forum
C.
blog
D.
e-portofolio
41.
Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari
informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi).
Pengertian
googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A.
program mencari informasi
B.
program desktop publishing
C.
program untuk menjelajahi laman
D.
program penciptaan laman
42.
Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan
aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman
yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A.
www.yahoo.com
B.
www.gmail.com
C.
www.hotmail.com
43.
Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar
dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft
Word
44.
Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A.
Microsoft Database
B.
Microsoft Spread Sheet
C.
Microsoft powerpoint
D.
Microsoft Desktop Publishing
45.
pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta
mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang
dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A.
portofolio
B. saintifik
C.
penemuan
D.
autentik
46.
Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah
awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question)
dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai
subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang
dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B.
discovery Learning
C.
Problem Based Learning
D.
Inquiry learning
47.
Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang
dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A.
Project based learning
B.
inquiry learning
C.
Discovery learning
D. problem based
learning
48.
Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran
project based learning :
1)
Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)
Mendesain Perencanaan Proyek,
3)
Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)
Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the
Progress of the Project),
5)
Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)
Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar
adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B.
1-3-2-4-5-6
C.
1-3-2-5-6-4
D.
1-2-3-5-4-6
49.
Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)
Orientasi siswa pada masalah
3)
Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika
langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem
Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A.
1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C.
3-2-1-4
D.
2-3-1-4
50.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang
ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D.
Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51.
Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A.
sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata
pelajaran
B.
merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata
pelajaran
C.
dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program
pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D.
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode
kualitatif atau kuantitatif.
52.
Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.
Pencapaian standar kompetensi
B.
Pencapaian kompetensi dasar.
C.
Pencapaian tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
53.
Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru
adalah;
A.
Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B.
Menambah
bahan pelajaran baru
C.
Mengetahui
jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk
melaksanakan program tindak lanjut
54.
Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses
pembelajaran adalah:
A.
Pedoman observasi
B.
Kuesioner
C.
Pedoman wawancara
D.
Tes hasil belajar
55.
Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil
belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A.
Buku sumber yang digunakan
B.
Kurikulum dan silabus
C.
Indikator
pencapaian kompetensi
D.
Kemampuan awal siswa
56.
Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar
peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A.
penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B.
penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C.
penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D.
penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57.
Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan
pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A.
Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang
digunakan
B.
Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C.
Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta
didik
D.
Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58.
Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada
satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A.
Mean
B.
Modus
C.
Median
D.
Simpangan baku
59.
Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A.
Penilaian hasil belajar peserta didik
B.
Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C.
Penilaian silabus dan RPP
D.
Penilaian standar kompetensi lulusan
60.
Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil
belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi
oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi,
budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu
pada aspek
penilaian….
A.
Objektivitas.
B.
Transparan
C.
Bermakna
D.
Menyeluruh
61.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.
memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan
soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
62.
Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di
bawah ketuntasan belajar ….
A.
proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.
tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.
sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.
strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
63.
Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
A.
Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.
Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.
Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan
rancangan yang ada.
D.
merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64.
. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar
yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A.
Nilai batas ambang kompetensi
B.
Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C.
Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D.
Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
65.
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A.
Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B.
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.
Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan
baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat
kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
66.
Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa,
kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A.
Konstruktivisme
B. Authentic
assesment
C. Efektif
D.
kondusif
67.
Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan
distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan
demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas
norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes
yang dimaksud adalah….
A.
Penilaian berkelanjutan
B.
penilaian menyeluruh
C.
penilaian acuan patokan
D. penilaian acuan
norma
68.
Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah
penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi
yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria
ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan
mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung,
dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian,
Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan
....
a.
Penilaian berkelanjutan
b.
Penilaian autentik
c.
Penilaian acuan patokan
d.
Penilaian acuan norma
69.
Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu
kompetensi, merupakan…
A.
tujuan penilaian
B.
prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D.
hasil penilaian
70.
Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan
keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik
untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan
merupakan….
A.
prinsip penilaian
B. tujuan
penilaian
C.
fungsi penilaian
D.
bentuk penilaian.
71.
Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut, kecuali:
A.
objektif
B.
adil
C. kooperatif
D.
terpadu.
72.
Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur,
hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A.
adil
B.
objektif
C. valid
D.
sistematis
73.
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,
maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.
adil
B. akuntabel
C.
valid
D.
sistematis
74.
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti
langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.
adil
B.
objektif
C.
valid
D. sistematis
75.
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen
hasil belajar peserta didik, kecuali….
A.
ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.
menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C.
ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan
jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A.
Fleksibilitas
B.
Interaktif
C. Adaptif
D.
Kesinambungan
77.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot
ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas
sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan
tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk
15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman
materi terkait dengan KD tersebut
B.
Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C.
Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D.
Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
78. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.
memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A.
proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.
tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting
pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.
strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A.
Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C.
Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan
rancangan yang ada.
D.
merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81. Agar
dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan
kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A.
merumuskan masalah
B.
mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan
mengajukan hipotesis tindakan
D.
menyusun proposal penelitian
82.
Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja),
(c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut
menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK
pada langkah ….
A.
refleksi
B. observasi
C.
perencanaan
D.
pelaksanaan
83.
Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal
ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis
penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A.
A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B.
refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C.
perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84.
Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai
rumusan masalah PTK?
A.
Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA
Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya
jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C.
Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai
perlombaan nasional?
D.
Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar
sekolah?
85.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan
kinerjanya di kelas yang diajar
B.
keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.
keinginan untuk membantu guru
D.
kepedulian peneliti akan kinerja guru
86.
Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut
Suharsimi Arikunto, kecuali….
A.
Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang
direkayasa
C.
Perencanaan
D.
Upaya empiris dan sistematis
87.
Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan
terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A.
Pengumpulan data
B. Menganalisis
masalah
C.
Mencapai tujuan
D.
Menentukan ruang lingkup
88.
Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A.
Guru
B.
Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D.
Objek Penelitian
89.
Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A.
Pelaksanaan tindakan
B.
Observasi dan intepretasi
C.
Diskusi balikan
D. Analisis data
90.
Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B.
Menyusun teori baru
C.
Memperbaiki teori
D.
Menyusun generalisasi
91.
Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar
untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A.
Analisis
B. Refleksi
C.
Observasi
D.
Diskusi
92.
Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian
dari PTK khususnya pada bagian….
A.
Kesimpulan
B.
Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D.
Metodologi penelitian
93.
Persiapan awal dalam PTK adalah…
A.
Menyiapkan cara wawancara
B.
Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana
(perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D.
Menyiapkan fasilitas dan sarana
94.
Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A.
Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B.
Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C.
Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
95.
Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK,
kecuali…
A.
Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B.
Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C.
Persiapan tindakan
D. Observasi dan
inperetasi.
96. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi
ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik.
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A.
untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam
pembelajaran
B.
untuk mencapai kepuasaan diri peserta
didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan
pendidik.
C.
untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D.
untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam
menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.
97. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis
tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B.
Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C.
untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D.
Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A.
Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan
pembelajaran
B.
Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.
Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D.
Penilaian dilaksanakan sejak awal
pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99.
Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk
meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan
memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A.
Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B.
Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.
Penilaian oleh peserta didik dilakukan
dengan sangat kritis
D.
Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan
pembelajaran
100.Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A.
Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B.
Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C.
Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D.
mengapa peserta didik kita memberikan
respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan