 |
Siswa diharapkan Aktif dalam Pembelajaran Terpadu |
APA ITU PEMBELAJARAN TERPADU ?
Sebelum kita beranjak apa itu pembelajaran terpadu, perlu kita ketahui apa itu kurikulum terpadu.
Kurikulum terpadu adalah kurikulum yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu melalui pemanduan isi, keterampilan dan sikap.
(Wolfinger 1994:133) sedangkan pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak. artinya, pembelajaran ini menekankan pada pembelajaran langsung yang memusatkan pada suatu tema bukan pada mata pelajaran tertentu yang berfungsi agar siswa lebih fokus terhadap konsep yang dijelaskan guru bukan fokus terhadap salahsatu mata pelajaran melainkan pada tema yang mempersatukan mata pelajaran.
Fungsi pembelajaran terpadu sebagai
dirrect experience atau pengalaman langsung di sekolah dasar adalah untuk mengembangkan pola pikir anak yang masih terbatas dengan beban kerja dan kapasitasnya.
lalu, bagaimana seharusnya proses pembelajaran terpadu dilaksanakanan?
pembelajaran terpadu dikatakan sukses apabila si anak didik/siswa mampu melaksanakan pengalaman pembelajaran yang alamiah dan langsung dengan mengembangkan pengalaman sistem sensorik yang membentuk dasar kemampuan pembelajaran abstak siswa, jadi si siswa tidak hanya merespon apa yang di tanyakan guru, melainkan melakukan apa yang ingin dia ketahui tanpa paksaan guru, guru hanya sebagai media pelantara saja. dengan cara seperti itu pembelajaran menjadi bermakna maksud bermakna disini artinya dapat diingat siswa, menyenangkan dan berhasil deh pokoknya.
Sebagai contoh, anda pasti ingatkan ketika anda waktu SD sedang mengerjakan soal ke depan atas kepintaran anda sendiri/ naluri alamiah anda sendiri. anda ingat sampai anda sudah besar. nah itu adalah pembelajaran yang bermakna.
Demikian Artikel Pendidikan
APA ITU PEMBELAJARAN TERPADU?
lanjut ke Artikel
KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN TERPADU di postingan berikutnya, stay tune di blog
MARI BELAJAR!
ADS HERE !!!