Pada tahun
2015, warga Indonesia siap tak siap harus mengahapi era pasar bebas ASEAN, era
dimana setiap negara bebas menjajakan produk serta berbagai layanan jasa,
tenaga kerja, sosial budaya dan bebas bersaing di wilayah ASEAN untuk menjadi raksasa
ekonomi terbesar terutama dalam bidang yang di sorot lebar
antara lain perdagangan. Jika kita melihat
negara kita saat ini masih belum siap dalam rangka mengahadapi pasar bebas
tersebut, ini dapat di buktikan dengan produk-produk luar negeri yang banyak
melenggang bebas di wilayah Indonesia menghimpit produk-produk tanah air, jika
itu terus terjadi maka produsen-produsen Indonesia harus rela menggulung
tikarnya dengan segera serta hanya menjadi penonton saja dalam kesempatan besar
ini.
Dalam
menghadapi pasar bebas ASEAN itu merupakan tugas kompleks serta
berkesinambungan antara pemerintah, Bank Indonesia, dan masyarakat, karena jika
ini hanya di hadapi oleh satu pihak saja maka takan mampu bersaing, namun
ketika 3 aspek tersebut bersatu, maka akan tercipta regulasi yang menopang
produk produk dan layanan jasa dalam
negeri sehingga mampu bersaing dengan produk/jasa luar negeri.
Pemerintah adalah
pemain utama di era pasar bebas ASEAN, tugasnya mengawasi dan membuat produsen
dalam negeri supaya lebih leluasa untuk menjual barang/jasanya terutama di
negeri sendiri dibanding para produsen luar
negeri, ini diciptakan oleh pemerintah
misalkan dengan membuat sistem sistem dan kebijakan politik yang diciptakan
untuk keuntungan para produsen Indonesia
agar dapat bertahan di pentas pasar
bebas ASEAN.
Bank bertugas
mengawasi sirkulasi uang Indonesia agar nilai tukar uang tetap stabil dan tidak
terus merosot, jika ini terus merosok akan mempengaruhi terhadap para produsen
Indonesia, selanjutnya masyarakat termasuk generasi muda supaya lebih mencintai
produk dalam negeri sendiri tidak bangga dengan barang- barang impor.
Lalu sekarang apa
tugas terpenting generasi muda ?
Tentunya peran generasi muda sangat penting yakni sebagai ujung tombak
masa depan negara, dikatakan demikian karena generasi muda adalah pengganti
generasi sekarang maka tugas generasi muda dalam menghadapi era pasar bebas
ASEAN yaitu menciptakan suatu integrasi
produk atau jasa marketing yang menginovasikan produk-produk Indonesia menjadi
terobosan baru dengan tingkat kreatifitas yang tinggi, tentunya dengan SDM yang tinggi pula. Dan SDM
yang tinggi itu akan kita dapatkan dalam pribadi generasi muda yang cerdas.
Maka dari itu, ketika generasi muda cerdas dia tidak akan menjadi penonton saja
dalam laga era pasar bebas ini melainkan menjadikan hal ini sebagai peluang
besar yang siap kita mainkan agar menjadi generasi muda yang sukses.
Jadi dapat
kita simpulkan persiapan-persiapan generasi muda mulai sekarang ayo berbenah
diri ayo belajar lebih giat lagi untuk menjadi pribadi yang cerdas dalam
menghadapi apapun, mau itu pasar bebas ataupun hal lain jika kita cerdas maka
kita akan siap menghadapinya dan menjadikanya sebagai peluang besar yang mengiurkan.
ADS HERE !!!