Smtr
|
Tema
|
Stándar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
KET
|
1
|
LINGKUNGAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah
Pemuda
|
·
Mengamalkan makna satu nusa,
satu bangsa dan satu bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Menceritakan lingkungan alam
dan buatan di sekitar rumah dan
sekolah
·
Membuat denah dan peta
lingkungan rumah dan sekolah
·
|
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang
petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh
cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
|
|
|
|
5. IPA :
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk
hidup
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup
·
Mendeskripsikan perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
|
|
|
|
PENGALAMAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah
Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa,
Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Melakukan kerja sama di
lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang
petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh
cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Menjelaskan isi teks (100 –
150 kata) melalui membaca intensif
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
·
Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan
dengan uang
·
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
·
Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan
panjang, dan antarsatuan berat
|
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
·
Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup
·
Mendeskripsikan perubahan
yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
·
Mengidentifikasi sifat-sifat
benda berdasarkan pengamatan melalui benda
padat, cair dan gas
|
|
|
|
KEGIATAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah
Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa,
Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara lingkungan alam
dan buatan di sekitar rumah
·
Melakukan kerja sama di
lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/
desa
|
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang
petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks dengan membaca
nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara Lisan
·
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Membaca nyaring teks (20 – 25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menjelaskan isi teks (100 –
150) melalui membaca intensif
·
Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bingan
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
dan pembagian bilangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitungan campuran
·
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
·
Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan
panjang, dan antarsatuan berat
|
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
makhluk hidup
·
Memahami kondisi lingkungan
yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·
Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menggolongkan makhluk hidup
secara sederhana
·
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·
Mengidentifikasi sifat-sifat
benda berdasarkan pengamatan meliputi
benda padat, cair, dan gas
|
|
|
|
TEMPAT UMUM
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah
Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa,
Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Menceritakan lingkungan alam
dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
·
Melakukan kerja sama di
lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/
desa
|
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang
petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Mengomentari tokoh-tokoh
cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
- Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan
·
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
memecahkan masalah
|
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitungan campuran
|
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami kondisi lingkungan
yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·
Memahami sifat-sifat,
perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·
Mengidentifikasi sifat-sifat
benda berdasarkan pengamatan meliputi
benda padat, cair, dan gas
·
Menjelaskan kegunaan benda
plastik, kayu, dan kertas
|
|
|
|
HIBURAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah
Pemuda
|
·
Mengenal makna Satu Nusa,
Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·
Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Membuat denah dan peta
lingkungan rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang
petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·
Memahami teks dengan membaca
nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh
cerita anak yang disampaikan secara lisan
·
Menceritakan pengalaman yang
mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Menjelaskan urutan membuat
atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·
Membaca nyaring teks (20 – 25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Menceritakan isi dongeng yang
dibaca
·
Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
·
Melengkapi puisi anak
berdasarkan gambar
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
·
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·
Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
dan pembagian bilangan tiga angka
·
Melakukan operasi hitung campuran
|
|
|
|
|
5. IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
·
Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·
Mendeskripsikan
perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari
pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka
|
|
|
|
KESEHATAN
|
1. PKN :
·
Mengamalkan makna Sumpah
Pemuda
|
·
Mengamalkan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
2. IPS :
·
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
·
Memelihara lingkungan alam
dan buatan di sekitar rumah
|
|
|
|
|
3. Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
·
Memahami penjelasan tentang
petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
·
Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan secara
lisan
·
Mengomentari tokoh-tokoh
cerita anak yang disampaikan secara
lisan
·
Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·
Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
|
|
|
|
|
4. Matematika
·
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
·
Menggunakan
alat ukur dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
|
·
5.
IPA :
·
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
·
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
·
|
·
Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
·
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan,
rekreasi, istirahat dan olah raga).
·
Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
|
|
|
Jumlah
|
|
|