Smtr
|
Tema
|
Stándar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
KET
|
2
|
PERTANIAN
|
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai
bangsa Indonesia
|
PKN
·
Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Memahami
pentingnya semangat kerja
|
|
|
|
|
III. IPA
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
IPA
·
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi
gerak
·
Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
·
Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
·
Mengenal
pecahan sederhana
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia
·
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
·
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
·
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
|
|
|
KEPERLUAN SEHARI – HARI
|
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai
individu
|
PKN:
Mengenal
pentingnya harga diri
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
|
|
|
|
III. IPA
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
IPA:
Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika :
§
Mengenal
pecahan sederhana
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia :
§ Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
§
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
§
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
§
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
|
|
|
KERAJINAN TANGAN
|
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai
individu
|
IPS
:
· Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
· Memahami kegiatan jual bei di lingkungan
rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPA :
· Membuat kincir angin untuk menunjukkan
bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
|
|
|
|
|
III. IPA
5. Menerapkan
konsep energi gerak
|
PKn :
· Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri
sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
|
|
|
|
|
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami unsur dan sifat-sifat
bangun datar sederhana
|
Matematika :
· Mengenal pecahan sederhana
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia :
· Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman taman yang didengarnya
· Melakukan percakapan melalui telepon/
alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
· Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan
tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
· Menulis karangan sederhana berdasarkan
gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan
memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
· Menulis puisi berdasarakan gambar dengan
pilihan kata yang menarik
|
|
|
|
KEGEMARAN
|
I. PKN
·
Memiliki
harga diri sebagai individu
·
Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKN
·
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan harga diri
·
Mengenal
kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
III. IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia,
serta hubungannya dengan
cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
·
Mendiskripsikan
kenampakan permukaan bumi di lingkungan
|
|
|
|
|
IV. Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
|
Matematika
·
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
·
Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
Membaca
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
·
Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang
cerita pengalaman teman yang didengarnya
·
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·
Menjawab
dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang
dibaca secara intensif
·
Membaca
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
·
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
|
|
|
PENDIDIKAN
|
I. PKN
4.
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKn
·
Mengenal
keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam,
keramahtamahan
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah
|
|
|
|
|
III. IPA
6.
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi
manusia, serta hubungannya
dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
·
Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca
|
|
|
|
|
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas
persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
·
Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
|
|
|
|
|
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5. Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.
Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan cerita
Membaca
7. Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8. Mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia
·
Menceritakan
perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
·
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250
kata) yang dibaca secara insentif
·
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda baca
·
Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
|
|
|
PERMAINAN
|
I. PKN
4.
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKN
·
Menampilkan
rasa bangga sebagai anak Indonesia
|
|
|
|
|
II. IPS
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
·
Mengenal
sejarah uang
·
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
|
|
|
|
|
III. IPA
6.
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi
manusia, serta hubungannya
dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
·
Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas
persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
|
|
Jumlah
|
|
|